Contoh Analisis Artikel

ANALISIS ARTIKEL
Nama              : Dimas Wahyu Meidi Vanto
Nim                 : 201210070311014
Jurusan          : Pendidikan Biologi
Judul              : Authentic Learning and Assessments: Major Components in   Transforming     Superficial Understanding into Knowledge - Applications to Introductory Biochemistry.
Penulis            : Diana Marie Bajzek, Office of Technology  for Education, Carnegie  Mellon University, USA.
Analisis                       :
Pada artikel penelitian kognitif  dilakukan secara hypermedia dan multimedia jika dilakukan dengan cara yang tepat dapat membantu proses pembelajaran dan teknik penilaian, dapat membantu siswa dalam memahami system ilmiah yang complete.Dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian dengan di kombinasikan dengan komputasi, dan siswa dapat mengembangkan lebih sempurna terhadap isi maateri pembelajaran dengan menggunakan kata-kata sendiri.Jadi assement auntehentic bukan hanya sekedar mengetahui  tingkat keberhasilan dan kegagalan siswa  saja akan tetapi lebih dari itu yaitu bagaiman guru dan siswa bersama – sama  untuk memperbaiki  kegagalan tersebut sehingga terjadi peningkatan kualitas pembelajaran. Pada artikel tersebut menggabungkan informasi tekstual dengan simulasi interaktif terkait dengan data yang juga dapat di manipulasi.pada artikel tersebut juga menjelaskan tujuaan di buat artikel yaitu untuk menjelaskan bagaiman metode ini tertatana, belajar otentik sangat penting.Menurut kami dari fakta yang ada bahwa pembelajaran menyediakan repsentasi koteksual dari dunia “dunia nyata” bahkan dengan adanya internet menyebutkan semakin meningkatnya pembelajaran online, dengan adanya pembelajaran online siswa dapat menjelaskan bagaimana pendekatan memberikan penilaian otentik untuk memfasilitasi.Dengan penilaian tersebut Penilaian hasil belajar, guru masih jarang menggunakan penilaian proses. Teknik yang digunakan guru juga kurang bervariasi karena masih cenderungberorientasi pada bentuk tes tertulis, sedangkan penggunaan asesmen autentik seperti
asesmen kinerja, portofolio, proyek dan penilaian diri (self assessment) serta non tes lainnya masih belum dilaksanakan secara maksimal. Bentuk asesmen yang tertera dalam rencanapembelajaran guru, cenderung belum menggunakan rubrik/kriteria penilaian dan belumdisertai dengan deskripsi yang jelasPada assement authentic itu harus menggambarkan kemampuan siswa, prestasi, motivasi pada kegiatan pembelajaran yang relevan yang meliputi assemen performasi, portofolio, dan assemen diri,

Jadi dapat di simpulakan bahwa  Asesmen autentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagaiteknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan/kompetensi telah benar-benar dikuasai dan dicapai

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »