Contoh Rpp Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                                    : SMAN 01 Malang
Mata Pelajaran                              : Biologi
Kelas / Semester                            : X/ 2
Topik                                             : Ekologi
Alokasi Waktu                               : 1 x  3 JP

A.Kompetensi Inti      : 
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2     :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan menunjukan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3     :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakatdan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4.     :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari  yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


 B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi :

NO
Komptensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1           Mengangumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang keanekaragaman hayati ekosistem dan lingkungan hidup.
1.1.1        Menentukan hikmah yang dapat diamalkan sesuai agamanya masing-masing di kehidupan sehari-hari terkait ekologi
2
2.1     Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuaidata dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan  peduli dalam observasi dan eksperimen, berat  dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli   lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaandi dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.1.1  Menunjujan Perilaku disipli dalam melaksanaakan tugas
2.1.2 Menunjukkan kerjas saam dalam kerja kelompok
2.1.3    Menunjukkan keaktifan dalam belajar mandiri maupun kelompok
3.
3.9 Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya
3.9.1 Mengindentifikasi komponen, penyusun ekositem
3.9.2  Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
3.9.3  Mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem
3.9.4    Mengamati komponen biotik dan abiotik secara cermat berbagai fakta    yang ditemukan dalam lingkungan sekitar
4
4.9     Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan  jejaring makanan yang  berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan  hasilnya dalam berbagai bentuk media.

4.9.1 Menyajikan bagan tentang interaksi antar komponen  ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dalam bentuk media


















C. Tujuan Pembelajaran
            Pertemuan I
            Kompetensi Pengetahuan
            Peserta didikdi harapkan mampu:
1.   Siswa dapat mengamati ekosistem dan komponen penyusunnya
2.   Siswa dapat  mendiskripsikan hubungan antar komponen
3.   Siswa dapat mendeskripsikan mekanise aliran energy pada suatu ekosistem
4.   Siswa dapat menganalisis ketidakseimbangan antar  komponen
Kompetensi Keterampilan :
Peserta didik diharapkan mampu :
1.   Menyajiakan hasil analisis ketidakseimbangan antar komponen
Kompetensi Sikap Spiritual      :
1.      Menentukan Hikma yang dapat diamalkan sesuaikan agamanya masing – masing kehidupan sehari sehari terkait ekologi
Kompetensi Sikap Sosial
1.   Menunjukkan Perilaku displin dalam melaksanakan tugas
2.   Menunjukan kerjasama dalam kerja kelompok
3.   Menunjukkan keaktifan dalam belajar mandiri maupun kelompok























D. Materi Pembelajaran :
·         Pengetahuan Faktual





                                                           


·         Pengetahuan Konseptual
Konsep Ekologi
Komponen ekosistem
Aliran energi
Daur biogeokimia.
Interaksi dalam ekosistem


·         Pengetahuan Metakognitif

masalah ekologi  yang harus dikuasai adalah Ekologi
 Komponen ekosistem
Aliran energi
Daur biogeokimia.
Interaksi dalam ekosistem

·         Pengetahuan Pro­sedural

pra konsep (pengertian ekologi )
   Komponen ekosistem
   Aliran energi
Daur biogeokimia.
   Interaksi dalam ekosistem












III. Metode pembelajaran   :
           Model                    :Inquiry learning
           Pendekatan            :Saintifik
           Metode                  :Kegiatan pengamatan dan diskusi kelompok
                                            
IV. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
A. Pendahuluan
·         Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi, Motivasi, penyajian prasarat
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran
·          
B. Kegiatan Inti
Kegiatan
Mengamati
•   Mengamati ekosistem dan komponen yang menyusunnya
•   Mengamati video terbentuknya hujan dari proses penguapan
Menanya
•   Apa saja komponen ekosistem dan bagaimana hubungan antar komponen?
•   Bagaimana terjadi aliran energi di alam?
•   Siklus apa yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
•   Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem
•   Menganalisi hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan
•   Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan
•   Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energi
•   Mendiskusikan daur biogeokimia menggunakan baga/chaerta
•   Mendiskusikan ketidakseimbangan lingkungan  dan memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang
Mengasosiasikan
•   Mendiskusikan data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada
•   Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia
•   Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung



Mengkomunikasikan
•   Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi

C.  Penutup
·         Siswa bersama guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran ekologi
·         Siswa bersama guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan.
·         Siswa bersama guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran ekologi.


V. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber   :
                  1.  Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
                  2. Buku Biologi untuk SMA  kelas XII, karangan D.A Pratiwi, dkk
                             Erlangga.
                        3.  Buku –buku yang relevan.
       Bahan: 1. Buku kerja siswa MGMP Biologi SMA/MA Kota Pekanbaru
    2. Bahan dari internet
    3.ppt ( Power point)

        Alat       : 1.  LCD  2.  Leptop.























VI.Penilaian            

Macam penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk instrumen
Keterangan
Instrumen penilaian
Kisi-kisi
Sikap spiritual
Tes
Soal uraian
Lembar soal uraian
Terlampir
Sikap sosial
Non tes
Observasi
Lembar observasi
Terlampir
Pengetahuan
Tes
Pilihan ganda
Lembar soal pilihan ganda
Terlampir
Keterampilan
Non-tes
Observasi
Lembar observasi
Terlampir

             
            Kepala SMAN 1 Malang ,                                                 Guru Mata Pelajaran Biologi



                                                                                               
                Dra.Hj. Hasnidar                                                                 Dimas Wahyu Meid Vanto
         NIP.19650222 199103 2001                                                         201210070311014




















LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK

RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

No
Aspek yang dinilai
Skor
Kriteria
1
Bentuk rasa syukur
4
Menggambarkan 4 kriteria:
-   Menyebutkan rasa syukur.
-   Mengaitkan dengan materi pembelajaran.
-   Menyebutkan hikmah yang dapat dipetik.
-   Menyebutkan contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
3
Menggambarkan 3 kriteria.
2
Menggambarkan 2 kriteria.
1
Menggambarkan 1 kriteria.

Keterangan:
Kriteria
Rentangan nilai
Sangat baik (A)
3,66 – 4, 0
Baik (B)
2,66-3,65
Cukup (C)
1,66 - 2,65
Kurang (D)
< 1,66





RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK

No
Aspek yang Dinilai
Skor
Kriteria
1
Disiplin dalam melaksanakan tugas
4
Menggambarkan  3 kriteria
-      tepat waktu dalam mengerjakan tugas-tugas pada LKPD
-      tepat waktu mengumpulkan LKPD
-      disiplin selama mengikuti proses pembelajaran
3
Menggambarkan 2 kriteria
2
Menggambarkan 1 kriteria
1
Tidak ada kriteria yang tergambar
2
Kerjasama dalam kerja kelompok
4
Semua anggota kelompok bekerja sama dalam memecahkan masalah
3
Tiga anggota kelompok saja yang bekerja sama dalam memecahkan masalah
2
Dua anggota kelompok saja yang bekerja sama dalam memecahkan masalah
1
Hanya satu siswa yang bekerja
3
Keaktifan  dalam belajar mandiri maupun kelompok.
4
Menggambarkan  3 kriteria
-      aktif bertanya dalam pelaksanaan pembelajaran
-      aktif menjawab pertanyaan yang muncul dalam pembelajaran
-      aktif berpendapat dalam pelaksanaan pembelajaran
3
Menggambarkan 2 kriteria
2
Menggambarkan 1 kriteria
1
Tidak ada kriteria yang tergambar
Keterangan:
Kriteria
Rentangan nilai
Sangat baik (A)
3,66 – 4, 0
Baik (B)
2,66-3,65
Cukup (C)
1,66 - 2,65
Kurang (D)
< 1,66

















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »